Minggu, 09 November 2014

Kanker Payudara


Gejala Kanker Payudara

Tanda Dan Gejala Kanker Payudara Yang Harus Anda Waspadai agar bisa mendeksi lebih dini sehingga bisa di cegah atau di atasi lebih cepat. sehingga dalam penyembuhannya tidak membutuhkan waktu yang lama dan anda akan segera terbebas dari penyakit yang berbahaya ini.

Tanda Dan Gejala Kanker Payudara

gejala kanker payudaraDi Bawah Ini Merupakan Gejala Dan ciri awal kanker payudara perlu di perhatikan, kaum pria juga bisa terkena kanker payudara akan tetapi sangat jarang sekali pria terkena kanker payudara. wanita lah yang sangat rentan terkena jenis penyakit berbahaya ini. Diantaranya :
  • Benjolan Di Payudara – Umumnya benjolan terdapat di bagian bawah kulit payudara, dan ukurannya kurang lebih sebesar kacang polong. Bila benjolan tersebut ditekan dan dapat bergeser, berarti kanker payudara masih masuk ke dalam gejala awal yang ringan dan bisa langsung ditangani. Tetapi jika benjolan sudah tidak digeser dan terasa keras, artinya kanker sudah memasuki stadium lanjut. Benjolan ini juga bisa ditemukan di permukaan ketiak.
  • Pembengkakan dan nyeri di bagian puting – Payudara yang membengkak dan terasa berat atau nyeri perlu diwaspadai. Tidak seperti pembengkakan payudara pada wanita yang sedang hamil, pembengkakan akibat kanker akan terlihat tidak sama besarnya antara payudara kanan dan kiri. Untuk membedakan dengan kista, lakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan sinar ultrasonik.
  • Keluarnya darah atau cairan aneh – Cairan yang keluar dari puting susu biasanya berbentuk darah atau nanah yang berwarna kuning kehijauan. Umumnya tidak keluar terlalu banyak, tetapi cukup mengganggu dan biasanya diikuti dengan rasa nyeri pada permukaan payudara dan rasa gatal pada daerah sekitar puting. Lakukan konsultasi dengan dokter spesialis untuk melakukan pemeriksaan ductogram, yaitu sejenis pemeriksaan kelenjar susu dengan mengamati cairan yang keluar lewat mikroskop.
  • Perubahan warna dan tekstur kulit – Biasanya warna kulit payudara akan memerah dan terdapat permukaan yang bersisik seperti kulit jeruk. Kulit akan terasa kasar dan kaku, disertai dengan timbulnya luka yang bengkak dan terasa panas. Biasanya pada ibu menyusui payudara juga akan merasakan hal seperti ini, tetapi bedanya permukaan kulit tidak menyerupai kulit jeruk. Perhatikan bedanya dengan seksama.
  • Puting tenggelam – Meskipun jarang terjadi, pertumbuhan sel kanker payudara di sekitar areola (lingkaran cokelat di sekitar puting) juga bisa menyebabkan puting tenggelam atau menjorok ke dalam. Jika gejala ini muncul tiba-tiba dan bertahan hingga beberapa minggu, ada kemungkinan terjadi pengencangan kelenjar susu yang diakibatkan oleh terdesaknya sel tumor atau kanker
sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar